Posted by : Unknown Kamis, 18 Juli 2013

Pengertian MVC di Codeigniter


          MVC atau Model – View – Controller adalah development pattern yang memisahkan logic aplikasi dengan bagian presentation.
Codeigniter dibuat dengan menggunakan model MVC sehingga meminimalkan coding yang harus kita buat.

         

Model

Model merepresentasikan struktur data dari aplikasi kita. Pada intinya, di model ini memiliki banyak fungsi yang terfokus untuk melakukan retrieve, insert, update, dan delete record dari database.

View

View adalah bagian yang diperlihatkan pada user. Jadi, halaman web yang ditampilkan di browser adalah code yang kita tuliskan di bagian view. Sebuah view dapat berupa file penuh, atau hanya potongan seperti header atau footer.

Controller

Controller bertugas untuk menjembatani antara model dan view. Selain itu controller juga bertugas untuk mengambil library yang ada pada Codeigniter.

Di dalam Codeigniter, kita tidak harus selalu menggunakan ketiga bagian di atas, kita bisa saja tidak menggunakan model jika aplikasi kita tidak mengambil data dari dalam database.
Selain itu kita juga dapat melakukan coding fungsi retrieve database di dalam controller. Hal ini memudahkan developer untuk melakukan coding di bagian manapun dia inginkan.

sumber : Codeigniter

saya akan menerangkan sedikit contoh dari MVC yang saya buat dari tugas PSG kemaren bersama teman se PSG :D
anda bisa download filenya disini ==> tugas agronomi
dan download xamppnya disini ==> xampp-win32-1.7.0
cara instalasinya dapat anda lakukan tutorial di bawah ini .

- pertama instal xamppnya dengan cara ekstrak filenya(ekstark dalam bentuk zipnya bukan .rar) k drive yang anda suka tapi saya sarankan lebih baik ekstrak di c:/  saya karena saya juga ekstraknya di situ :D
- dalam file agronomi di atas sudah ada databasenya juga tinggal copy databasenya ke C:\xampp\mysql\data seperti gambar di bawah ini .
- dan file web copykan ke C:\xampp\htdocs
 - setelah itu jalankan pada browser http://localhost/web/ .
saya memakai browser mozilla firefox :D
dan lihat hasilnya .
maaf kalo kurang lebihnya :)
kalo ada yang menambahkan silahkan :D

sekian dari saya semoga bermanfaat .

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Watanabe Mayu - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -